Jumat, 04 Februari 2011

Kredibilitas Pengelola Bisnis Online Lokal diragukan



Selamat pagi all, ketemu lagi dengan Sya. Kali ini Sya akan sharing tentang pengalaman dan juga opini Sya mengenai kredibilitas bisnis online khusus yang ada di Indonesia.

Bagi pelaku bisnis online pasti tidak asing dengan namanya PTC, Afiliasi, Multilevel Marketing, Online Shop, Betting Site, ataupun situs-situs lelang yang ada di dunia maya.

Sangat mengecewakan bagi Sya pribadi pada awal terjun di dunia Bisnis Online banyak sekali situs yang sedap di pandang tapi hanya tong kosong alias SCAM.

Memulai dari nol dari tidak tahu apa-apa tentang bisnis online Sya memulai semua hanya dengan bantuan setia dari om google,trial n error menjadi guru terbaik buat Sya sampai akhirnya bisa membuat blog dan mulai mengerti tentang script.

Sungguh perjuangan yang keras selama 4 bulan dengan waktu tidur hanya 2-3 jam 1 hari..jatuh bangun menemukan beberapa situs bisnis online yang SCAM tak melunturkan semangat Sya, malah membuat Sya makin paham kelebihan dan kekurangan dari setiap situs dan bisnis online yang ada.

Pada dasarnya semua situs telah dibuat dengan script yang baik, sistem database, juga security terus di update,hosting telah menggunakan server yang cepat dan termaintenace dengan baik, domain pastinya telah terdaftar sebagai domain komersil untuk membuktikan mereka mempunyai komitmen untuk menghasilkan uang secara serius.

Namun yang sangat mengecewakan adalah manusia di balik sistem yang baik tersebut.

Beberapa situs PTC dengan pengelola lokal hanya bertahan sebentar dilihat dari perhitungan di atas kertas mereka sebenarnya masih mendapatkan profit. Bahkan beberapa admin dari PTC-PTC yang telah gulung tikar tersebut akhirnya malah menjadi hacker menyerang dan membobol PTC-PTC baru yang telah mereka ketahui kelemahannya.

Hal ini terjadi juga pada situs-situs binis online lain, yaitu pada situs bisnis online Afiliasi (invesuntukhariesok.com yang Sya ikuti hanya baru beberapa bulan lalu ternyata sekarang situs tersebut telah menghilang entah kemana padahal itungan balik modal pun baru setengahnya), MLM, Online Shop, dan situs lelang online. Sungguh ironis sekali saat teknologi informasi berkembang pesat di negeri kita ini para profesional IT yang seharusnya mengayomi dan saling bekerja sama memberikan keuntungan malah saling menjatuhkan dan mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi.

Saya pribadi masih optimis pada bisnis online ini meski tak seantusias saat memulai terjun di bisnis online pertama kali.

Beberapa poin yang harus diperhatikan saat anda memutuskan untuk menggeluti bisnis online yaitu:
==============================================
1. Liat prosfek jangka panjang (apakah dalam 3,6,9 bulan kedepan masih memberikan keuntungan)
2. Lihat pemilik dari situs bisnis online yang anda ikuti bisa jadi ternyata admin yang telah memiliki reputasi SCAMER
3. Sebaiknya selalu siapkan back-up plan dengan mengikuti beberapa situs sekaligus sehingga jika salah satu SCAM yang lain tetap memberikan keuntungan pada anda.
4. Pelajari benar-benar sistem yang ada pada bisnis online yang anda ikuti,jangan hanya mendengar kata orang ini bagus..itu menghasilkan, dan bla bla bla..
5. Dengan mengerti kita dapat menguasai bisnis online yang kita tekuni.
6. Berikutnya cari celah-celah yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan lebih selain dari sistem yang ada pada bisnis online tersebut (marketing strategy)
7. Lakukan penjadwalan dan pengorganisasian yang baik dalam menjalankan bisnis online anda agar mendapatkan kecintaan pada pekerjaan maya anda.
8. Jika anda fokus 100% pada bisnis online maka lakukan rutinitas seperti halnya jika anda bekerja pada sebuah kantor dengan disiplin tinggi ini untuk meningkatkan kredibilitas dan semangat kerja anda pada bisnis online yang anda tekuni.
9. Jangan pernah menyerah dan selalu optimis.Karena hidup adahal perjuangan sampai hembusan nafas terakhir dan hal ini juga membuat kita berkembang dan bertambah kuat.
10. Jadikan moto anda 'Tak pernah ada kata terlambat untuk belajar apapaun' sebagai motivasi anda karena setiap detik kita akan selalu belajar hal baru di arus teknologi informasi yang bergerak sangat cepat di dunia maya.
11. Siapkan mental lebih dari anda yang dulu, jadikan diri anda 5x lebih tangguh dari sebelumnya.

Poin-poin di atas adalah beberapa pengalaman pribadi Sya dalam menjalani bisnis online,semoga sharing pengalaman dan opini hari ini dapat bermanfaat dan memberi inspirasi bagi anda. Salam sukses selalu!! ^^

2 komentar:

  1. Thanks Bonus Keaktifan IDR-ClickIt Sudah Di Terima..... :)

    BalasHapus
  2. sama2 bro, tetap smangat!! ^^

    BalasHapus